Jumat, 26 Juni 2009

Dampak Negatif Bioteknologi

Selain banyak keuntungan positif dari penerapan bioteknologi, ada juga beberapa dam pak negative dari Bioteknologi, yaitu:
1. penggunaan bakteri Echerichia coli yang mengandung DNA rekombinan sevara besar-besaran kemungkinan dapat menimbulkan jenis penyakit baru.
2. penyalahgunaan teknik rekayasa genetika oleh orang yang tidak bertanggung jawab dapat menimbulkan bahaya bagi manusia dan lingkungan, misalnya diciptakannya senjata biologis dan makhluk hidup baru melalui rekayasa genetika.
3. produksi olahan dari mikroorganisme yang mampu menghasilkan protein sel tunggal (PST) belum dapat dikonsumsi oleh manusia dengan alas an manusia tidak memiliki enzim pencerna PST tersebut dan proses pengolahannya yang aseptic.
4. ditemukannya strain baru bakteri pengolah limbah, terutama bakteri pemakan senyawa hidokarbon yang dapat menimbulkan masalah baru. Apabila berada di alam dalam kondisi bebas maka bakteri ini dapat mengakibatkan habisnya minyak mentah yang terdapat dalam tanah.
5. bakteri pemakan plastic yang apabila terlepas dan berkeliaran di alam, akan merugikan karena bakteri ini akan memakan plastic yang ditanam di dalam tanah seperti pipa PVC untuk saluran air dan alat-alat yang terbuat dari plastic lainnya.
6. munculnya makhluk hidup aneh akibat adanya cloning, karena semakin maju teknologi cloning maka manusia akan membuat makhluk aneh seperti yang ada dalam pikirannya. Adanya pengkloningan terhadap manusia akan mengakibatkan pembaga penyelenggara pernikahan tidak berfungsi lagi karena manusia tidak perlu menikah untuk menghasilkan anak.
7. tidak semua teknik genetic terhadap teknik hibridoma berhasil karena belum tentu semua tubuh yang sudah sakit dapat melawan virus yang ada dalam tubuhnya untuk membantu menyerang virus tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar